Home » » Tutorial Cara Membuat Meriam dari Bambu

Tutorial Cara Membuat Meriam dari Bambu

Selamat datang sobat blogger di blog sederhana ku ini.
Malam ini saya akan berbagi Tutorial Cara Membuat Meriam dari Bambu. Langsung aja disimak cara bikinnya.

  1. Cara membuatnya gampang, pilih beberapa ruas bambu (minimal 4-5 ruas), misal 5 ruas yg 4 ruas km bobol sisakan 1 ruas dipaling belakang, 
  2. kemudian antara ruas 4 dan 5 (jarak antara 7,5-10cm dari ruas ke lima yg g dibobol tadi ) bambu dilubangi kira-kira sekitar 1,5X1,5cm sampe 2X2cm setelah itu kamu kasih minyak tanah dilubang itu kira-kira 1/3 nya, sampe lubang penuh masukkan garam 1sendok teh. 
  3. selesai kamu tinggal nyalain meriam dari lubang tadi yg ada minyak tanahnya berulang-ulang sampe panas, setelah panas kamu tiup-tiup pada lubang tadi lalu kasih api pada lubang itu maka akan terjadi bunyi seperti ledakan.

meriam bambu yang umum digunakan anak-anak saat penyambutan bulan puasa atau hari lebaran pada umumnya hanyalah suara dentumannya saja bukan dengan menggunakan peluru atau apalah yang bisa dilontarkan.
Karena percuma juga menggunakan benda yang bisa ditemabakan,karena daya dorongnya tidak seberapa kuat paling 2 atau 5 meter,itupun kalau yang digunakan adalah barang yang ringan,misalanya kain atau sejenisnya.Dengan cara menyumbat jalan keluarnya suara dentuaman itu maka akan lebih rentan meriamnya pecah.

selamat mencoba

by: mario and putra

0 komentar:

Post a Comment